C. Menu dan Toolbar
1) Pointer => Digunakan jika anda ingin memilih komponen kontrol yang sudah di pasang di form.
2) ContextMenuStrip => Menampilkan menu popup ketika pengguna meng-klik mouse kanan pada suatu objek.
3) MenuStrip => Membuat menu yg didalamnya terdapat submenu yg ditambahkan. Mewakili menu utama, submenu, dan item menu form.
4) StatusStrip. => Terletak dibagian bawah form induk dan berisi informasi tentang keadaan aplikasi sekarang. Informasi ditampilkan dalam jendela yang memiliki frame/panel.
5) ToolStrip => Menampilkan kumpulan tombol, drop-down dan tool lainnya agar pengguna dapat mengontrol aplikasi.
6) ToolStripContainer => Kontainer yang mengatur kontrol ToolStrip untuk dock (menempel) pada tepi from.
D. Data
1) Pointer => Digunakan jika anda ingin memilih komponen kontrol yang sudah di pasang di form.
2) Chart => Digunakan untuk membuat grafik.
3) BindingNavigator => Menyediakan antarmuka pengguna untuk melakukan navigasi sumber data.
4) BindingSource => Mengenkapsulasi (membungkus) sumber data form dan menyediakan metode untuk navigasi data.
5) DataGridView => Untuk menampilkan sejumlah besar data secara hirarkial atau relationship (relasi) dalam tampilan tabel grid.
6) DataSet => Tempat menampilkan data dalam memori dan menangani data dalam format relasional.
E. Component
1) Pointer => Digunakan jika anda ingin memilih komponen kontrol yang sudah di pasang di form.
2) BackgroundWorker => Menjalankan suatu tugas secara asinkronus dan memberi pesan ke program utama ketika tugas selesai.
3) DirectoryEntry => Servis yang menyediakan tampilan hierarkial dari sumber terdistribusi dan servis suatu network/jaringan.
4) DirectorySearcher => Melakukan pencarian pada hierarki active directory.
5) ErrorProvider => Menampilkan informasi kesalahan ke pengguna.
6) EventLog => Menyediakan akses ke log event Windows
7) FileSystemWatcher => Memberi pesan jika aplikasi mengubah direktori atau file.
8) HelpProvider => Menampilkan help untuk kontrol yang memiliki help jika pengguna mengatur fokus pada kontrol dan menekan F1.
9) ImageList => Berfungsi sebagai tempat penyimpanan gambar. Kontrol ImageList dan gambar yang ada di dalamnya dapat digunakan pada lebih dari satu objek.
10) MessageQueue => Menyediakan komunikasi di antara aplikasi yang berbeda.
11) PerformanceCounter => Menyediakan akses ke counter performa Windows.
12) Process => Mengizinkan program berinteraksi dengan proses dan untuk start atau stop proses.
13) SerialPort => Mewakili port serial dan menyediakan metode untuk mengontrol, membaca, dan menulisnya.
14) ServiceController => Mewaliki servis Windows dan memperbolehkan anda untuk memanipulasi servis.
15) Timer => Untuk mengeksekusi waktu kejadian pada rutin program termasuk interval ( selang waktu ).
F. Printing
1) Pointer => Digunakan jika anda ingin memilih komponen kontrol yang sudah di pasang di form.
2) PageSetupDialog => Mengatur properti untuk halaman yang akan dicetak. Contohnya menentukan ukuran kertas, margin (batas pencetakan), dan orientasi (potrait atau landscape).
3) PrintDialog => Menampilkan kotak dialog dimana pengguna dapat memilih printer dan mengatur atributnya.
4) PrintDocument => Mewakili output yang dikirim ke printer.
5) PrintPreviewControl => Menampilkan print preview dalam satu form aplikasi.
6) PrintPreviewDialog => Menampilkan kotak dialog bagaimana tampilan objek PrintDocument terlihat ketika dicetak.
G. Dialog
1) Pointer. => Digunakan jika anda ingin memilih komponen kontrol yang sudah di pasang di form.
2) ColorDialog => Menampilkan kotak dialog untuk memilih warna dari palet standar atau pallete warna kustom (buatan pengguna).
3) FolderBrowserDialog => Agar pengguna dapat memilih suatu folder.
4) FontDialog. => Menampilkna kotak dialog dimana pengguna dapat menagtur font dan atributnya.
5) OpenFileDialog => Menampilkan kotak dialog dimana pengguna dapat melakukan navigasi dan membuka file.
6) SaveFileDialog => Menampilkan kotak dialog di mana pengguna dapat memberi nama dan menyimpan file.
D. Toolbars
ð Tombol-tombol pada toolbar berfungsi sama dengan perintah yang tersedia dan tersembunyi di dalam menu.
a) Add Standard Exe Project => Untuk membuat sebuah project baru jenis standar.
b) Add Standar Form => Untuk menambah sebuah form kedalm project yang sedang terbuka.
c) Menu Editor => Untuk menampilkan menu editor yang berfungsi membuat menu.
d) Open Project => ntuk membuka sebuah project yang pernah dibuat.
e) Save Project => Untuk menyimpan data yang sedang terbuka tanpa menutupnya.
f) Cut. => Untuk memotong objek yang dipilih.
g) Paste => Untuk menempelkan hasil cut atau copyan kita pada suatu tempat yang diinginkan.
h) Find => Untuk menemukan objek tertentu.
i) Undo => Untuk membatalkan suatu perintah yang sudah dilakukan sebelumnya.
j) Redo => Untuk mengulang sesuatu yang telah dibatalan sebelumnya.
k) Start => Untuk memulai atau menjalankan yang sedang terbuka atau aktif.
E. Form
ð Bahan untuk pembuatan window. Kita meletakkan kontrol pada form. Pada form tesedia tombol minimize, restore dan close. Yang berfungsi sebagai berikut:
1) Minimize, berfungsi untuk menyembunyikan form.
2) Restore, berfungsi untuk memperbesar / memperkecil form.
3) Close, berfungsi untuk menutup form.
F. Propertis Windows
ð Untuk mengatur properti sebuah objek atau kontrol yang dipilih.
G. Form Window
ð Lembar desain tampilan dari program yang di buat, untuk menjadi pondasi tempat diletakannya control yang dimiliki visual basic.