Listing Program 1
import java.io.*;
public class GetInputFromKeyboard
{
public static void
main (String[] args)
{
BufferedReader
dataIn= new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in) );
String name =
"";
System.out.print("Silahkan
Masukkan Nama Anda:");
try
{
name =
dataIn.readLine();
}
catch(IOException
e)
{
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hallo"
+ name + "Anda Berhasil Membuatnya!!");
}
}
Penjelasan
BufferedReader dataIn= new
BufferedReader (new InputStreamReader (System.in) );
Mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan
tipe kelas BufferedReader.
String name = "";
Merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Variabel
name diinisialisasi sebagai String kosong "". Sebaiknya selalu
menginisialisasi sebuah variabel setelah mendeklarasikannya.
Listing Program 2
import javax.swing.JOptionPane;
public class GetInputFromKeyboard2
{
public static void
main (String[] args)
{
String name =
"";
name =
JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name");
String msg =
"Hello " + name + "!";
JOptionPane.showMessageDialog(null,
msg);
}
}
Penjelasan
name =
JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name");
Membuat sebuah input
dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah
textfield dan tombol OK seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah
String dan disimpan ke dalam variabel name. Sekarang kita membuat pesan selamat
datang, yang akan disimpan ke dalam variable msg.
String msg = "Hello " +
name + "!";
Baris selanjutnya adalah menampilkan sebuah
dialog yang berisi sebuah pesan dan tombol OK,
Listing Program 3
public class DemoIfElse
{
public static void
main (String[] args)
{
double
nilaiInput;
System.out.println("\nPROGRAM
DEMO IF ELSE");
System.out.println("-------------------\n");
System.out.println("Masukkan
Nilai [0 - 100]:");
nilaiInput =
InputConsole.readDouble();
if ((nilaiInput
< 0) | (nilaiInput > 100))
{
System.out.println("Data
input invalid !");
}
Else
{
if
(nilaiInput >= 60)
{
System.out.println("\nSelamat,
anda lulus mata kuliah ini");
if
(nilaiInput >= 85)
System.out.println("\nNilai
anda : A");
else if
(nilaiInput >= 70)
System.out.println("\nNIlai
anda : B");
else if
(nilaiInput >= 60)
System.out.println("\nNilai
anda : C");
}
else
{
System.out.println("\nMaaf,
anda harus mengulang mata kuliah ini kembali, atau mengikuti ujian perbaikan
dengan nilai maksimum C");
}
}
}
}
Penjelasan
double nilaiInput;
Menginstruksi
user untuk menginput nilai
System.out.println("Masukkan
Nilai [0 - 100]:");
Menyeleksi
range 0 - 100